Selasa, 30 Desember 2014

Liburan Hampir Selesai

Waktunya menulis seperti biasa.

Liburan hampir selesai itu gak enak banget.. Gue gak bisa bangun siang padahal mah bisa lagian sekolah gue yang kelas 7nya masuk siang. Selain itu PR yang tadinya gak ada selama libur setelah masuk menjadi menumpuk.. Untung aja Kurikulum 2013 udah dihapus jadi gak sebanyak dulu sebelum dihapus. Terus gue menjadi diharuskan mandi pagi. Pokoknya gak enak banget.

Liburan yang hampir selesai juga ada enaknya.. Enaknya yaitu gue kembali mendapat uang jajan. Selain itu juga bisa kembali dapat menjumpai temen2, gak kayak liburan gue hanya ditemani oleh kompi (Komputer) Kesayangan yang menemani hari2 gue.. Ngenes banget kan gue? Emang.

Gak terasa kita udah di akhir tahun yang akan berganti menjadi awal tahun, ya iyalah. Tanggal 3 Januari gue diajak reunian dengan temen SD.. Padahal tanggal 23 Desember 2014 udah reunian gak tau kenapa kok diulang lagi. Kata yang ngadain acaranya kurang rame dan kurang seru terus dia minta diulang. Pada reunian sebelumnya kita yang laki2 dan perempuannya pisah jadi terasa kurang seru. Pada reuni yang akan datang rencananya sih pengen gabung.. Ini rencana doang loh, Tapi gak tau kejadiannya bakalan kayak apa. Bagi kalian yang belum tau gue dulu pas SD kelas 6, Kelas gue dipisah antara perempuan dan laki2nya. Jadi, ya gitu deh pas SMP nya jadi gengsi kalo ketemu lawan jenis.


Buat yang belum tau ini temen2 SMP gue nah gue yang ngumpet di paling belakang itu.

Dah sekian dulu ya postingan kali ini bingung gue mau nulis apa lagi..

Sekian //_^

Senin, 15 Desember 2014

Jawaban Absurd dalam ujian.

Sebagai pelajar, gue pernah ngalamin yang namanya stuck dan bingung mau jawab apa saat ulangan. Bawaannya pengin langsung ngumpulin, tapi apa daya, belum ada yang dijawab. Pernah, pas ulangan Matematika, karena nggak tau jawabannya, di soal terakhir gue tulis: "Saya nggak tau jawabannya, Pak. Jadi ini gambar pohon biar adem kertas ulangannya."

Tulisan itu gue lengkapi dengan gambar sebuah pohon di bawahnya. Pohon yang rindang. Daunnya banyak. Jangan tanya apa yang terjadi, karena udah pasti gue ikut remedial. Dari situ, gue sadar, ternyata masih banyak pelajar yang otaknya lebih geser daripada gue. Nah, ini adalah jawaban-jawaban absurd dalam ulangan yang bisa bikin Einstein minder:

1.
Jawaban absurd dalam ulangan

"To change centimeters to meters you....?"
Take out centi.

Oke, ini cerdas banget. Kata "centi" tinggal diilangin dan jadilah "meters"! Nggak kepikiran.

2.
Jawaban absurd dalam ulangan

Gue lihat, pelajar ini punya bakat yang lebih di bidang menggambar. Saat ulangan Matematika kayak gini, dia malah menyalurkan bakat gambarnya dengan menggambar "This is CONFUSING!" ala film 300. Gue curiga, pelajar satu ini masih keturunan Raja Leonidas.

3.
Jawaban absurd dalam ulangan

"Why are there rings on Saturn?"
Because God liked it, so he put a ring on it. 

Kenapa ada cincin di planet Saturnus?
Karena Tuhan suka itu, jadi Tuhan memberikannya. 

Lalu dibales sama gurunya: Saturn was NOT a single lady.

EPIC!

4. 
Jawaban absurd dalam ulangan

Gue paling nggak ngerti sama yang namanya Matematika. Apalagi pas bagian Limit Fungsi. Dan, jawaban yang cerdas ini kalo dipikir-pikir lagi masuk akal juga. Tinggal di-rotate 90 derajat ke kiri.

5.
Jawaban absurd dalam ulangan

Perintah ulangannya: Read and Complete.

Mungkin anak ini salah mengerti, dan jadinya malah semua jawaban diisi dengan Read and Complete. Kalo diterapin di soal UN, anak ini pasti nggak akan lulus. Dan UN langsung ditiadakan selamanya. Bravo!

6.

Jawaban absurd dalam ulangan

Para pejuang berhasil mengusir penjajah karena adanya INDONESIA.
Di Provinsi Jawa Barat terdapat suku BANGSA.
Sumpah Pemuda dibacakan oleh petugas dengan suara PANCASILA.
Sumpah Pemuda diikrarkan tanggal 1991.

Apa tujuan diselenggarakannya Kongres Sumpah Pemuda II?
Membunuh Belanda.

Udah no cure banget ini. Kalo anak yang satu ini lahir di zaman penjajahan, gue rasa Indonesia nggak akan dijajah Belanda selama 3 abad lebih. Belanda baru dateng langsung dibunuh tanpa ampun. Anak ini punya jiwa nasionalisme yang tinggi dan pengabdiannya untuk negara nggak perlu diragukan lagi. Nilai PKN-nya di sekolah pasti tinggi. Pasti.

7.
Jawaban absurd dalam ulangan

Lagi-lagi anak ber-IQ lebih dari 200 telah ditemukan. Akar dua dibagi dua sama dengan akar. Dua dan dua dicoret, sisanya akar. Salute!

8.
Jawaban absurd dalam ulangan

Ya, di awal-awal sih nggak ada masalah. Di pertanyaan nomor 7, keliatannya ada yang nggak beres. Karena bisa menjawab semua pertanyaan di atas dengan benar, di pertanyaan "How do you know?" malah dijawab because I'm smart. Pede banget :)))

9.
Jawaban absurd dalam ulangan

"Miranda can't see anything when she looks down her microscope. Suggest one reason why not."
She is blind. Nice try!

artinya : "Miranda tidak bisa melihat apa-apa ketika dia melihat ke bawah mikroskop nya. Sarankan satu alasan mengapa tidak."
Dia buta.

Sebagai seorang pelajar, gue merasa gagal karena nggak pernah kepikiran buat jawab kayak gini. Dari banyak kemungkinan jawaban seperti: 1) Cahaya matahari kurang. 2) Nggak ada objek yang diliat. 3) dan masih banyak lagi, kenapa yang dipilih malah dia buta?! :)))

10.
Jawaban absurd dalam ulangan

OMFG, SUSHI!

***

Ini adalah pedoman sekaligus pembelajaran agar kita bisa melihat ulangan dari sudut pandang orang yang pasrah. Harusnya, semua sekolah ngelatih murid-muridnya biar bisa berpikir kreatif kayak gini. Nggak usah terlalu serius, karena hidup cuman satu kali. Nilai murid beda-beda, guru pada marah. Tapi kalo ke sekolah, semua murid harus make seragam yang sama. Kenapa nilainya nggak sekalian disamain? Cc: Menteri Pendidikan.

Asik banget gila kata-kata gue.

Nggak kerasa juga gue udah mulai konsisten nge-blog sejak sebulan terakhir. Setiap minggu gue selalu usahain untuk bikin satu postingan di blog ini dan masih bertahan sampe sekarang. Setiap waktu yang kalian luangkan buat sekedar baca dan juga ngasih komentar bener-bener gue hargai. Makasih support-nya selama ini! 

Dan, untuk menutup postingan kali ini, share juga yak pengalaman kalian pas jawab soal ulangan di comment-box! See you di postingan selanjutnya! \o/

sumber : kevinanggara.com

Nasib sial gue hari ini


Waktunya curhat

Gue baru aja selesai menjalankan turnamen futsal disekolah gue. Hal yang paling bermanfaat bagi gue dalam turnamen ini adalah, Badan gue bisa menjadi sehat karena futsal juga termasuk salah satu olahraga.Oh ya bagi yang belum tau apa itu futsal...Cari sendiri di google,Jangan manja..Banyak disana pengertiannya,strategi,dan juga formasi yang dapat diterapkan di permainan itu.

Sebagai anak Pencak silat,Gue merasa gagal memenangkan turnamen yang diadakan setahun sekali itu.Permainan gue jelek,ini pasti karena kutukan bola futsal yang telah dikasih jampe2 oleh mbah dukun. Anak pencak silat kalah main futsal kalah?Biasa lah, namanya juga bukan ahli dalam bidangnya

UAS selesai,Remedial selesai, tetapi turnamen futsal sebenarnya belum selesai tetapi karena tim gue udah kalah gue bilang aja selesai oke. Entah masih berapa banyak pertandingan yang berlanjut sebelum akhirnya gue liburan semester. Gue ingin mengejar bagaimana cara memenangkan turnamen setahun sekali itu. Ngejar cinta mah belakangan. Kebayang dong kalo pacaran sama gue? 

Ya nggak lah!
...

Mengenai latihan yang udah gue jalanin sebenernya udah begitu mateng tapi entah kenapa gue bisa gagal membawa tim gue melaju ke babak berikutnya.Apa mungkin gara2 kutukan bola yang diberi jampe2 tadi,Kayaknya sih enggak.

Postingannya udah selesai loh..

Serius ini postingannya udah selesai..

Masih yakin pengen di blog gue?..

Yaudah terserah, tapi postingan kali ini udah selesai

Dah!!


Jumat, 12 Desember 2014

Sejarah gue Nge-blog


Sejarah Nge-BLOG disini bukan cuman sekedar pengetahuan soal apa itu BLOG, tapi lebih ke ''Kenapa sih gue Nge-BLOG ?'' Kenapa nggak gue facebook-an aja? Kenapa nggak gue twitter-an aja? Kenapa botol kecap ada tutupnya? Kenapa?

Kenapa? KENAPA? *sengaja diulang biar tegang*

Pertama kali gue ngenal BLOG itu adalah dari internet. (Yah iyalah) Gue pernah liat ada orang yang punya BLOG dan tiap hari, dia nyeritain pengalaman sehari-harinya di BLOG. Itu NORAK banget men! Besoknya gue ikutan bikin.. 

Karena rutinitas nggak terlalu padat, gue iseng-iseng nulis di BLOG. Yah, rutinitas sehari-hari gue cuman belajar (kalo inget)->latian pencak silat->tidur. Untuk lo yang baru pertama baca blog gue, mungkin bertanya-tanya kenapa gue latian pencak silat? Kenapa nggak latian Marching Band aja atau latian maen Catur? Entahlah. Waktu itu, gue masih bocah dan belom ngerti apa-apa, tiba-tiba gue dipalak sama orang yang nggak gue kenal.

''Serebu dong !''
''Nggak ada bang..''
''Gue bilang SEREBU!''
''Iy..iya bang..''

Memalukan sekali.

Karena masih sayang dengan muka gue dan tas gue yang juga belom lunas cicilannya, gue kasih aja serebu yang dia minta. Saat itu gue berpikir: ''Untung nggak jadi ditonjok gue'', sekarang: ''Kok gue BEGO banget, nyet?'' Jadi, seenggaknya kalo gue ikutan latian pencak silat, minimal gue tendang tuh pemalaknya. -__-

Back to the topic, setelah iseng-iseng menulis di blog, lama kelamaan gue ngerasa, ternyata rasanya itu asik banget. Mau curhat segala macem bisa di blog. Ibaratnya blog itu adalah diary online buat gue. Gue jadi suka nulis artikel-artikel gitu dan nulis pengalaman keseharian gue. Pengalaman keseharian gue isinya absurd semua.

Yah, bicara soal botol kecap blog lagi, rasanya nggak matching kalo Italia menang 2-1 atas Jerman. Entah apa hubungannya, tapi gue masih nulis sampe sekarang. Nulis itu bisa dari pengalaman sehari-hari yang kita alamin sendiri. Dari misalnya nyeritain tetangga kemalingan, nemu duit eh nggak taunya palsu, ketemu artis idola, sampe pengalaman berantem sama semut sekalipun.

Pernah saat gue lagi duduk, diem nggak bersalah, eh diajakin ribut sama semut. Masalahnya simple, gulanya gue pake buat bikin kopi. Gue nggak bakalan lupa saat itu. Setelah kejadian itu gue dapet 3 jahitan di tangan dan bekas luka gigitan semut yang nggak ilang-ilang. Buat lo yang penasaran sama semutnya nih gue kasih ciri-ciri semutnya: 
- Ada tato Hello Kity di badannya.
- Tampangnya sangar.
- Antena dikepalanya putus satu.

Sungguh semut yang nggak berprikesemutan sekali.

-

Supaya tulisan ini berkesan, gue pengen kasih quote's yang pernah gue baca buat orang-orang yang mau nulis juga :)

A writer should say to himself, not how can I get more money?, but how can I reach more readers. - Brian Aldiss.


Sesungguhnya, penulis yang bersemangat jauh lebih menjanjikan daripada penulis yang berbakat. M. Fauzil Adhim.

Rabu, 10 Desember 2014

Gue Belajar Untuk Hidup

"Ngobrol dikelas aja bisa rame masa jawab soal Matematika ini gak ada satupun yang jawab," kata guru gue. "Ini kan tinggal ngomong doang berapa jawabannya," lanjutnya. Gue terdiam sambil menatap kosong ke buku catatan Matematika di depan gue. Banyak rumus yang bikin pusing dan seakan-akan ngejek gue, "Matematika doang masa nggak bisa?". 

Nggak lama, bel ganti pelajaran berbunyi. Gue langsung menutup buku catatan itu lalu memasukkannya ke dalam tas. Anak Kelas unggulan nggak bisa Matematika? Biasa. Bukan cuma gue doang. Kadang gue juga mikir, udah tau nggak bisa Matematika, kenapa gue milih masuk Kelas unggulan? Simpel, gue nggak suka pelajaran di Kelas yang biasa aja. Kalo gue masuk Kelas biasa, Matematika toh tetep ada kan. 

Sekalian aja gue masuk Kelas unggulan. Kebetulan yang minat masuk Kelas unggulan juga sedikit. Gue pikir, dengan murid yang sedikit nanti gue bisa belajar lebih fokus. Iya bener, gue bisa belajar lebih fokus. Tapi tetep aja, gue nggak bakal ngerti sama yang namanya pelajaran Matematika. Kecuali yang ngajarin gue Maudy Ayunda, sambil nyemangatin gue pake iringan gitar.

Gue inget pernah diomelin guru saat bikin pukul2 meja jam pelajaran. "Kamu udah SMP bukan SD lagi, bukannya buka buku belajar!" Gue jadi mikir, 1 jam sebelumnya gue duduk ngapain aja kalo bukan belajar? Apa gue harus buka buku, koprol, belajar lagi, lalu bilang wow gitu? Gue bukan robot. Udah cukup hampir sepertiga waktu dalam hari gue diabisin di sekolah.

Gue inget pernah dibilang kurang kerjaan sama guru karena sering main bangku kelas di sekolah. Beliau bilang, "Buat apa main kayak gitu? Nggak penting!" Lalu, apakah pelajaran Matematika sangat sangat sangat penting buat gue? Gue pernah belanja ke Indomaret, gue tau harus bayar berapa, gue tau kembaliannya berapa, tapi gue nggak pernah ditanya sama kasirnya: "Jika harga 2 permen dan 1 minuman Rp5000, berapakah harga 3 permen dan 2 minuman?"

Gue inget pertanyaan dari guru gue, "Ini kan udah pernah saya contohin sekali, kok pas ulangan nggak bisa?". Dalam hati, gue pengin nyontohin ke dia cara nyelesain rubik dari keadaan teracak sampe jadi. Terus, gue suruh dia selesain lagi rubiknya setelah gue acak saat itu juga. Dia bisa? Pasti nggak lah. Kenapa? Karena belajar butuh proses.

Pilot bisa ngomong ngendarain pesawat itu gampang karena dia bisa. Pemenang Olimpiade Matematika bisa ngomong Matematika itu gampang karena dia bisa. Gue bisa ngomong ngobrol itu mudah. Apakah ngobrol diajarkan di sekolah? Nggak. Kenapa gue bisa? Karena gue suka. Lalu, apa yang salah dengan Matematika? Nggak ada yang salah, cuma gue aja yang nggak suka. Lalu, apa dengan dipaksa gue jadi bisa? Nggak, gue nggak suka.

Peraturan sekolah mewajibkan murid untuk memakai seragam yang sama di sekolah. Tapi kalo ulangan jelek, guru-guru pada marah. Kenapa nggak sekalian aja disama ratain nilai ulangannya? Itu kan maunya? Einstein pernah bilang, "Jika kamu menilai ikan dari caranya memanjat pohon, ikan itu akan selamanya merasa dirinya bodoh." Dan... itulah gambaran sistem pendidikan di Indonesia saat ini.

Gue memang cuma seorang pelajar kelas 1 SMP yang nggak suka sama Matematika, tau apa gue soal pendidikan di Indonesia? Ya, nggak terlalu banyak. Tapi yang gue tau, setiap orang itu punya minat dan bakatnya masing-masing. Orang yang ahli di bidang seni disuruh belajar Matematika, kepalanya bisa meledak. Menurut gue nggak adil aja. Kalo terus dipaksain, sekolah itu udah kayak tempat pembunuh kreativitas. Serem banget.

Guru juga berperan penting sih buat membentuk karakter seorang murid. Walaupun gitu, jangan terlalu nurut juga sama guru. Kalo menurut lu itu salah dan nggak sesuai, lu punya hak kok buat nggak ngelakuin apa yang disuruh guru. Contohnya gue, pas kena remedial Matematika dan tugasnya itu adalah nyalin 40 kali soal dan jawaban ulangannya. Emang sih tujuannya bagus, biar nilai gue bisa KKM. Tapi, apakah itu bermanfaat buat gue? Apa dengan gitu gue langsung jadi ngerti Matematika? Nggak masuk akal. Gue nggak ngumpulin tugas itu.

Besoknya gue dipanggil, diomelin. Saat pembagian rapor, nilai Matematika gue di bawah KKM. Apa gue langsung berubah jadi orang paling bodoh di dunia saat itu? Nggak.

Gue inget lagi kata guru gue, "Kamu di luar aja berprestasi, masa di sekolah nggak?". Kalo disuruh milih, gue mendingan hancur di sekolah tapi sukses di luar ketimbang di sekolah sukses tapi di luar hancur. Belajar itu nggak hanya di sekolah. Dari sekitar, gue bahkan bisa belajar lebih banyak. Gue bukanlah seorang murid yang hidup untuk belajar. 

...

Gue belajar untuk hidup.

Selasa, 09 Desember 2014

Thanks to 100 Pageviews

Bukan, ini bukan postingan blog gue yang ke-100. Ini adalah postingan ucapan terima kasih gue kepada para pembaca, karena blog ini udah nembus 100 pageviews. Lumayan kaget, seneng, puas, semua bercampur jadi satu. Kaget karena ini jauh dari ekspektasi gue, seneng karena gue bisa tetep nge-blog sampe sekarang, puas karena usaha gue membuahkan hasil. 

Mari kita flashback ke belakang sedikit... Saat pageviews per hari masih bisa dihitung dengan jari. Saat nge-blog belum konsisten. Saat udah hampir putus asa karena postingan nggak ada yang baca. Saat blog gue bukan apa-apa. Gue inget masa-masa itu. Saat gue selalu promosi dengan naro link di sana-sini. Entah ada postingan baru atau nggak. Nggak peduli waktu dan tempat. Yang penting promosi. Sampe akhirnya gue sempet berhenti, dan memutuskan untuk nge-blog kembali.

Gue menepis pikiran blog akan rame karena promosi, lalu mengubah tujuan nge-blog menjadi berbagi. Nggak peduli lagi ada yang baca atau nggak. Yang penting gue bisa berbagi, lewat tulisan yang dibuat dengan sepenuh hati. Gue mencoba blogwalking sana-sini, menambah relasi dan inspirasi. Gue mencoba konsisten, update blog minimal seminggu sekali.

Awalnya gue kira gue nggak akan sanggup. Tapi setelah dijalani, itu berjalan sampe sekarang. Hambatan waktu dan kesibukan menusuk gue dari dua sisi. Gue masih bisa menghindari. Bukan karena jago bela diri, tapi karena semangat berbagi. Prestasi pun datang seiring gue konsisten.

Gue seneng. Ada kepuasan tersendiri kalo sesuatu yang gue lakukan bermanfaat bagi orang lain. Gue nggak akan tau manfaat apa yang bisa orang lain ambil dari blog gue. Yang menurut gue biasa aja, bisa aja menurut orang lain luar biasa. Iya, mungkin itu yang dinamakan the power of writing.

Karena gue percaya, sesuatu yang dilakukan dengan hati, pasti akan diterima oleh hati juga. Sesuatu yang dilakukan dengan hati, nggak akan pernah sia-sia. Aduh, jadi sedih....

...

Di awal gue buat blog, gue punya target pageviews blog harus nembus 50 di akhir bulan nanti. Sekarang, belum akhir bulan Desember, pageviews blog udah nembus 100. Well, that escalated quickly.

Banyak banget. Nggak nyangka. Semoga itu manusia semua, bukan email dari bot. 

Dan, di postingan ini, gue pengin ngucapin makasih banyak buat semua pembaca blog gue yang udah luangin waktu baca, komentar, share ke media sosial, atau yang mampir doang karena nggak sengaja kepencet. Makasih banyak. Tanpa kalian, blog ini bukan apa-apa. 

Makasih buat PC yang udah jadi tempat gue ngetik postingan. Makasih buat semua temen gue yang udah support gue yang udah kontribusi nulis walaupun gue juga yang ngetikin.  Makasih buat yang setiap hari mampir ke sini. Pasti kalian jomblo! 

Dan, kalo kalian baca sampe habis, gue pengin tau nih, sejak kapan kalian baca blog gue ini. Tau dari mana, kesan-pesannya gimana, saran, kritik, dan yang lain-lainnya kalo ada. Nggak perlu promosi link blog kalian. Silakan langsung di-share aja di kolom komentar di bawah. I really appreciate it. \o/

Sekali lagi, makasih buat kalian semua.

Rabu, 03 Desember 2014

First time membuat Blog


Pertama Puji Syukur Kepada Tuhan YME Karena Tanpanya Gua gak akan bisa ngepost di blog ini.

Gua buat blog ini tanggal 4 Desember 2014,tapi gua baru ngepost ditanggal ini gegara blog gua masih berantakan dan butuh perubahan sana-sini.Gua gak minta bantuan siapapun untuk ngebantuin mengedit blog ini.

Tujuan gua Nge-blog adalah untuk berbagi,memberi saran ato motivasi#KaloAda,dan memberi Informasi2 yang kalian butuhkan.Walaupun nantinya postingan2 gua ada yang Absurd,itu cuma buat memberi hiburan bagi kalian kok...

Gua mau nyeritain juga Awal-nya gua jadi mau dan Akhirnya ngeposting ke Blogger..
Gua Terinspirasi buat blog setelah membaca blognya Kevin Anggara#JujurIni.

  Awalnya gua gak ngerti dan gak tertarik untuk ngebuat ini blog...tapi sejak Kevin Anggara menyerang #LuKiraApatar gua jadi suka yang namanya itu blog dan ngedit2 pake photoshop.Awalnya emang susah dijalanin tapi kalo udah niat pasti gua bisa.


Jujur nih ya gua itu gak terlalu eksis di kelas gua malahan gua cuma ngumpul sama beberapa teman sekelas gua.Ya gua baru kelas 1 SMP yah gini...otak gua campur-campur absurd gitu...

Semua boleh baca blog gua kok.Yang penting gua ngeblog udah memberikan sepenuh hati buat kalian#Azeek.

Sekian Dari Post Gua Hari Ini...Tetap Pantengin Post Gua dan Silahkan Kasih Komentar kalo Enggak Juga Enggak Apa-apa asalkan kalian ngeliat gua udah seneng.Sampai Jumpa dan tunggu Posting Berikutnya...